ANALISA KEBUTUHAN DAYA MOTOR HIDROLIK PADA CAPSTAN BERKAPASITAS 3 TON

Ghany Heryana, BD Aprianto, DI Malik, Aji P Prakoso

Sari


Penanganan peralatan yang berada di laut memerlukan perhitungan yang cermat. Kapal yang dipergunakan untuk survei seringkali harus melepas jangkar atau melepaskan peralatan ke dalam laut. Untuk peralatan yang mahal biasanya harus dapat kembali diambil dan diangkat ke atas kapal tanpa ada kerusakan. Sebagai contoh sensor tertentu harus ditinggal di dalam atau dasar laut dan ditinggal oleh kapal. Namun alat/sensor tersebut harus tetap dapat dikendalikan dan tidak boleh hilang. Oleh karena itu diperlukan mekanisme untuk tetap menjaga peralatan terhubung secara fisik ke kapal. Cara yang paling masuk akal adalah mengikat peralatan dengan tali. Yang menjadi tantangan tali tersebut dapat terbentang hingga ratusan kilometer. Pada beberapa kasus, tali tersebut harus dapat menahan beban berupa sensor misalnya, kemudian berat tali itu sendiri, terpaan ombak, dan hal-hal lain yang tidak terduga terkait alam. Banyak sekali mekanisme untuk menarik atau mengulur tali. Mekanisme tersebut biasanya berupa roda penarik/pengulur tali (capstan), atau berupa coiler. Intinya peralatan tersebut berupa roda yang diberi daya agar dapat menarik dan mengulur tali beserta peralatan yang terikat. Daya dan torsi putar didapatkan dari motor listrik atau motor hidrolik. Pemilihan jenis pemutar tersebut harus mempertimbangkan kondisi lingkungan (laut) yang korosif. Pada makalah ini akan dibahas dan dianalisa kebutuhan daya motor (hidrolik) serta rangkaian hidroliknya agar dapat mengakomodir beban-beban yang akan terjadi.
Kata kunci: Capstan, motor hidrolik, coiler.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


J. Liu dan M. A. Vaz, “Constraint ability of superposed woven fabrics wound on capstan,” Mechanism and Machine Theory, vol. 104, pp. 303-312, 2016.

J. W. S. Hearle dan W. E. Morton, Physical properties of textile fibres, Elsevier, 2008.

M. Wei dan R. Chen, “An improved capstan equation for nonflexible fibers and yarns,” Textile research journal, vol. 68, pp. 487-492, 1998.

J. H. Jung, N. Pan dan T. J. Kang, “Capstan equation including bending rigidity and non-linear frictional behavior,” Mechanism and Machine Theory, vol. 43, pp. 661-675, 2008.

O. Baser dan E. I. Konukseven, “Theoretical and experimental determination of capstan drive slip error,” Mechanism and Machine Theory, vol. 45, pp. 815-827, 2010.

K. Cronin dan J. P. Gleeson, “Variability in output torque of capstan and wrap spring elements,” Mechanism and Machine Theory, vol. 68, pp. 49-66, 2013.

R. S. Khurmi dan J. K. Gupta, Machine design, S. Chand, 2005.

A. Csobán, “Tooth friction loss in simple planetary gears,” Scientific Bulletin Series C: Fascicle Mechanics, Tribology, Machine Manufacturing Technology, vol. 21, p. 153, 2007.

Sjödin, U. I.; Olofsson, U. L.-O., “Experimental study of wear interaction between piston ring and piston groove in a radial piston hydraulic motor,” Wear, vol. 257, pp. 1281-1287, 2004.

U. I. Sjödin dan U. L.-O. Olofsson, “Initial sliding wear on piston rings in a radial piston hydraulic motor,” Wear, vol. 254, pp. 1208-1215, 2003.

L. Ceschini, A. Marconi, C. Martini dan A. Morri, “Tribological behavior of components for radial piston hydraulic motors: Bench tests, failure analysis and laboratory dry sliding tests,” Wear, vol. 305, pp. 238-247, 2013.

Bosch Rexroth AG, Radial Piston Hydraulic Motor with Fixed Displacement MR, MRE, 2014.

C. P. Kothandaraman, Fluid mechanics and machinery, New Age International, 2007.

D. T. T. L. D. Zuhal, “Elektronika Daya,” Gramedia, Jakarta, 1993.

G. Heryana, S. Prasetya, M. Adhitya dan D. A. Sumarsono, “Power consumption analysis on large-sized electric bus,” dalam IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2018.

A. Parr, Hydraulics and pneumatics: a technician's and engineer's guide, Elsevier, 2011.

F. Dietzel dan D. Sriyono, Turbin, pompa dan kompresor, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1988


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.