PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA PERAKITAN LEVER ASSY, SELECT DENGAN METODE LINE BALANCING

Multi Nadeak, Ngalimun Ngalimun

Sari


Penyeimbangan lintasan merupakan metode penugasan sejumlah pekerjaan ke dalam stasiun-stasiun kerja yang saling berkaitan dalam suatu lintasan atau lini produksi sehingga setiap stasiun kerja tidak melebihi waktu siklus dari stasiun kerja tersebut. Tujuan penyeimbangan lintasan untuk memperlancar arus produksi sehingga diperoleh utilisasi yang tinggi atas fasilitas, tenaga kerja, dan peralatan melalui penyeimbangan waktu kerja antar stasiun kerja, dimana setiap elemen tugas dalam suatu kegiatan produk dikelompokkan sedemikian rupa dalam beberapa stasiun kerja yang telah ditentukan sehingga diperoleh keseimbangan waktu kerja yang baik. Pada proses perakitan Lever Assy, Select di PT.AIN, ada 9 stasiun kerja yang dikerjakan oleh 9 operator. Saat peroses perakitan berlangsung terlihat adanya ketidak seimbangan item pekerjaan dan waktu proses antar stasiun kerja sehingga proses perakitan menjadi kurang effisien. Salah satu cara untuk mengatasi ketidakseimbangan lini adalah permasalahan ini melalui perlakuan keseimbangan pada lini perakitan menggunakan metode keseimbangan lini. Hasil penelitian ini menghasilkan metode keseimbangan lini menjadi 7 stasiun kerja dengan waktu siklus terpanjang adalah 38,06 detik, effisiensi lintasannya menjadi 92,29% dengan smoothing index 10,63.
Kata kunci: Line Balancing, Effisiensi Lintasan, Smoothing index.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baroto, Teguh. 2002. Perencanaan Dan Pengendalian Produksi. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Hernawati Dewi, Meriastuti Ginting, Budi Marpaung. 2017. Minimasi Stasiun Kerja Packing Line Dengan Metode Branch And Bound (BB), RPW, ACO Dan COMSOAL Pada Sebuah Perusahaan Food Dan Beverage Di Jakarta. Jurnal Tenik Dan Ilmu Komputer Universitas Kristen Krida Wacana, Vol.06, No.23.

Hery Hamdi Azwir, Harry Wahyu Pratomo. 2017. Implementasi Line Balancing Untuk Peningkatan Efisiensi Di Line Welding PT.X. ISSN 2339 – 1499.

Ita Purnamasari, Atikha Sidhi Cahyana. 2015. Line Balancing Dengan Metode Ranked Position Weight (RPW). Spektrum Industri, Vol.13, No.2, 115 – 228.

Saiful, Mulyadi, Tri Muhadi Rahman. 2014. Penyeimbangan Lintasan Produksi Dengan Metode Heuristik PT. XYZ Makasar. Jurnal Teknik Industri, Vol.15, No.2, 183 – 190.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.