PEMANAS LISTRIK INDUKSI LOW POWER DENGAN SUPLAI DAYA DC BERBASIS MIKROKONTROLER

Dadi Permadi, Deden Komaludin

Sari


Pemanas induksi merupakan salah satu produk teknologi yang sudah lama dibuat dan digunakan di dalam industri maupun rumah tangga. Pemanas induksi merupakan salah satu produk teknologi yang sudah lama dibuat dan digunakan di dalam industri maupun rumah tangga. Pemanasan induksi adalah timbulnya panas pada logam yang terkena induksi medan magnet. Hal ini disebabkan karena pada logam timbul arus Eddy atau arus pusar yang arahnya melingkar melingkupi medan magnet. Terjadinya arus pusar diakibatkan oleh induksi magnet yang menimbulkan fluks magnetik yang menembus logam, sehingga menyebabkan panas pada logam. Pada penelitian ini kompor listrik yang akan dibuat memiliki pengaturan panas yang lebih sederhana, mudah digunakan, dan memiliki konsumsi daya yang lebih rendah. Perancangan dan Pembuatan alat “Pemanas Listrik Induksi Low power dengan Suplai Daya DC Menggunakan Mikrokontroler” diharapkan dapat mewakili fenomena pemanasan material akibat dari induksi listrik. kompor induksi ini akan menggunakan Arduino sebagai kontrolernya. Selanjutnya keypad yang digunakan pada alat ini menggunakan keypad 4x4 sebagai input suhu dan waktu yang diinginkan, untuk sensor suhu, alat ini akan menggunakan thermocouple dan untuk dapat menekan konsumsi daya dan tegangan digunakanlah power supply. Kenaikan suhu pemanas pada tiap frekuensi fluktuatif, di mana besarnya kenaikan suhu adalah 0,0004°C/detik/Hz, Dengan kenaikan suhu terbesar terjadi pada frekuensi 1 kHz dengan nilai kenaikan 0,012°C/detik/Hz dan nilai kenaikan suhu terendah pada frekuensi 1 Hz dengan nilai kenikan 0,008°C/detik. Konsumsi daya dari pemanas ini dalam rata-rata tiap frekuensi adalah 48,677 watt perdetik, lebih rendah jika dibandingkan pemanas induksi komersial, tetapi masih lebih tinggi dibandingkan pemanas induksi hasil penelitian mahasiswa lainya, dengan nilai laju kenaikan daya sebesar 0,0117 watt/Hz. Tingkat akurasi dari pembacaan sistem adalah 9,8%, di mana tingkat kesalahan terbesar terjadi ketika menggunakan frekuensi 100 Hz dengan nilai kesalahan rata-rata dalam waktu 600 detik pemanasan adalah sebesar 14,65%, Sedangkan tingkat kesalahan rata-rata terendah terjadi pada frekuensi 50 Hz dengan nilai kesalahan rata-rata 5,52%.
Kata kunci : Pemanas Induksi, Mosfet, arduino.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Zulkarnaen, Yukovany, 2013, Perancangan dan Pembuatan Pemanas Induksi Degan Metode Pancake Coil Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535, Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya.

Isman, Yudhi Saputra, 2008, Analisis Pada Kompor Listrik Metode Induksi, Karya Tulis Ilmiah, Tidak dipublikasikan, Padang: Politeknik Universitas Andalas Padang.

Subekti, Lukman,, Ma’un Budiyanto, 2012, Pengaruh Perbaikan Faktor Daya Pada Kinerja Kompor Induksi, Seminar Nasional Informatika 2012 (semnasIF 2012).

Noviansyah, Rian, 2011, Pemanas Induksi (Induction Heating) Kapasitas 200 Watt.

Anam, Mirsyadul,, Lagiyono,, Drajat Samyono,, 2016, Analisis Kekerasan Bahan St-60 Dengan Variasi Waktu Penahanan Pada Proses Pemanas Induksi untuk Tool Holder CNC Bubut, Volume 12 no 1 April 2016.

Candra, Joni Eka,, Frilian Adha Diansyah, 2017, Alat Pedeteksi Orang Merokok Dalam Toiler Menggunakan Sensor Asap Berbasis Arduino, Laporan Penelitian Peningkatan Kapasitas.

Fadillah, Muhammad Bobby, Dian Yayan Sukma, Nurhalim, 2015, Analisis Prakiraan Kebutuhan Energi Listrik Tahun 2015-2024 Wilayah Pln Kota Pekanbaru Dengan Metode Gabungan, Jom FTEKNIK Volume 2 No, 2 Oktober 2015.

Ismail, Rifky,, Eflitas Yohana,, M Tauviqirrahman,, A,P Bayuseno, 2014, Aplikasi Teknik Countiuous Hardening Menggunakan Alat Pemanas Induksi Untuk Pengerasan Pin, Simposian Nasional RAPI XIII – 2014 FT UMS.

Mulyatno, 2014, Fisika Umum II, Jakarta: Universitas Terbuka.

Mustoffa, Naufal,, Ismail Rokhim, Wahyudi Purnomo, Perancangan Dan Pembuatan Sistem Pemanas Induksi Untuk Bearing Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO.

Ramdhani, Muhammad, 2009, Rangkaian Listrik, Jakarta: Erlangga.

Raharjo, Wahyu Purwo,, Bambang Kusharjanta, 2013, Rancang Bangun Pemanas Induksi 600 Wat Untuk Proses Perlakuan Panas Dan Perlakukan Permukaan, Prosiding SNST ke-4 Tahun 2013.

Setyawan, Lukas B, Deddy Susilo,, Amsal Victory Wicaksono, 2015, Pemanas Listrik Menggunakan Prinsip Induksi Elektro Magnetik, Techne Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol, 14 No, 2 Oktober 2015 Hal, 89-94.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.